7 Sistem Operasi Mobile Open Source Berbasis Linux Selain Android

Tahukah agan 7 sistem operasi mobile open source berbasis linux selain android? agan mungkin hanya tahu beberapa sistem operasi mobile terkenal seperti iOS, Android, BlackBerry OS, dan Windows Phone, tetapi tahukah agan bahwa ada beberapa sistem operasi mobile yang kurang terkenal tetapi benar-benar mengesankan. Sangat cocok untuk explorasi pengetahuan atau riset untuk membuat sistem operasi yang lebih menggigit lagi, tanpa perlu khawatir akan license berbayar karena ketujuh sistem operasi yang akan saya share disini adalah 100% open source. 

Apa saja sistem operasi mobile yang tujuh itu, berikut intronya: 

Ubuntu Phone 

Canonical telah mengembangkan salah satu distro Linux yaitu Ubuntu yang ditujukan khusus untuk smartphone. Agan sekalian dapat menginstal OS ini pada perangkat seperti smartphone, tablet, PC desktop bahkan TV.
 
7 Sistem Operasi Mobile Open Source Berbasis Linux Selain Android

OS ini dioptimalkan untuk semua jenis gadget, UI nya dapat berubah secara otomatis dari perangkat ke perangkat, dimana UI nya telah dioptimalkan dari segi keyboard, mouse, layar besar ketika diinstal pada PC. Ubuntu Phone ini mirip dengan Unity desktop, yang secara otomatis mengubah ukuran mengikuti ukuran layar/screen/monitor perangkat.

Related Article - Tips Menangani iOS 7 Bermasalah

HP webOS 

Apakah agan tahu OS satu ini? Yap, saya cukup tertarik dengan smartphone satu ini, karena berbeda dari yang lain. webOS awalnya milik Palm tetapi pada tahun 2010 HP mengakuisisinya untuk mengembangkan OS ini dengan visi yang luas. Pada saat ini HP telah merencanakan akan meluncurkan smartphone, tablet, printer dan bahkan PC yang mampu menjalankan webOS.

7 Sistem Operasi Mobile Open Source Berbasis Linux Selain Android

Namun, kenyataannya webOS tidak cukup mampu merebut hati konsumen di pasar. Jadi, HP akhirnya alih fokus dari webOS mobile ke perusahaan manufaktur PC. Padahal HP sudah sempat meluncurkan overhyped HP TouchPad tablet yang menjalankan webOS. Tablet yang dibandrol dengan harga $500, tetapi tetap tidak bisa bertahan dalam melawan iPad Apple. HP bahkan pernah memangkas harga TouchPad nya menjadi $99, itupun masih tetap kalah juga. Sekarang source code nya sudah tersedia untuk umum yang disebut sebagai "webOS Community Edition." 

Samsung Tizen 

Samsung Tizen adalah sistem operasi mobile open source Samsung berbasis Linux. Samsung menggunakan custom UI untuk produk android mereka, bahkan TouchWiz terinspirasi dari UI Tizen ini. lalu kenapa Samsung tidak menggunakan Tizen? Masalah utama adalah karena Tizen tidak memiliki aplikasi atau app store.

7 Sistem Operasi Mobile Open Source Berbasis Linux Selain Android

Meskipun sebenarnya Samsung dapat mempromosikan Developer nya untuk mengembangkan aplikasi Tizen, namun dampaknya adalah Samsung harus rela mengakhiri atau memutuskan kemitraan dengan Google untuk smartphone Android. Padahal Tizen sendiri sudah dirancang untuk menjalankan aplikasi Android. Contohnya pada Samsung Gear 2 smartwatch menggunakan Tizen OS. 

Jolla Sailfish 

Sebelum Microsoft mengembangkan sistem operasi windows phonenya, Nokia telah membuat smartphone berbasis Linux Maemo. Maemo kemudian menjadi bagian dari platform Intel MeeGo OS. Satu-satunya ponsel MeeGo yang pernah dirilis adalah Nokia N9, yang mendapatkan popularitas yang baik di antara para developer mobile os. Pada akhirnya Nokia menutup proyek MeeGo untuk fokus pada Windows Phone. Jolla

7 Sistem Operasi Mobile Open Source Berbasis Linux Selain Android

Sebenarnya banyak orang-orang penting yang terlibat dalam pengembangan MeeGo, tapi ketika Nokia menutup proyek MeeGo, orang-orang ini memulai membangun perusahaan baru bernama Jolla. Jolla Sailfish didasarkan pada source code MeeGo. Sata itu MeeGo masih dimiliki oleh Nokia. Di satu sisi, Sailfish merupakan kelanjutan dari MeeGo tapi bukan sebagai pengganti. Sailfish dapat menjalankan aplikasi yang dibuat menggunakan Qt, dapat menjalankan beberapa aplikasi Android juga. Sailfish

Amazon Api 

Apakah agan pernah melihat Amazon Api OS pada Kindle e-book Amazon. nah itu dia Amazon Api OS berbasis Android OS. Amazon memiliki proyek yang disebut Android Open Source Project (AOSP). Sebelumnya, Amazon Kindle Fire Touch dipasarkan dalam bentuk tablet berbasis Android. Tapi Sekarang, Amazon menyebutnya sebagai 'Android Compatible'. Ini jelas menunjukkan moto Amazon untuk mempromosikan OS proprietary sendiri.

7 Sistem Operasi Mobile Open Source Berbasis Linux Selain Android

App store Amazon sendiri memiliki sejumlah besar aplikasi berbasis Android. Amazon telah menggantikan Google Play Store dengan Amazon App Store. Layanan dan aplikasi Google pun hilang dalam Api OS. Api OS juga dibundel dengan fitur-fitur unik yang jauh berbeda dari Google Android. Seperti Mayday video chat yang memungkinkan Anda chatting dengan perwakilan Amazon dalam waktu lima belas detik jika pengguna membutuhkan bantuan. 

Firefox OS 

Mozilla juga sudah mencoba menciptakan smartphone OS nya sendiri. Kabarnya OS ini sangat terintegrasi karena berdasar pada Gecko rendering dan web browser Firefox. Semua aplikasi yang mendukung Firefox OS ini didasarkan pada teknologi web seperti HTML5.

7 Sistem Operasi Mobile Open Source Berbasis Linux Selain Android

Mozilla percaya bahwa web adalah platform masa depan. Pengguna PC bergantung pada browser web dan aplikasi untuk sebagian besar kegiatan. Mozilla memiliki visi untuk mengganti aplikasi smartphone asli dengan aplikasi web. 

Nokia X 

Sistem operasi Nokia X ini baru muncul pada platform Microsoft. Platform yang sebenarnya didasarkan pada Google Android tetapi dirancang agar terlihat seperti Windows Phone UI. Nokia X pada dasarnya adalah Pengembangan Android Open Source Project (AOSP). Dan sekarang Microsoft  sendiri telah menggantikan Store dan layanan Google Play dengan app store nya sendiri.

7 Sistem Operasi Mobile Open Source Berbasis Linux Selain Android

Related Article - Tips Belajar Hacking Menggunakan PHP Dengan 5 Video Tutorial Ini

Demikian artikel seri curious "ingintahu" yang membahas tentang 7 sistem operasi mobile open source berbasis Linux selain Android. Semoga Bermanfaat. :)


Monggo, Berbagi Gratis, RaSah Mbayar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...